Powered By Blogger

Sabtu, 12 April 2008

Bin Laden Menggunakan Teknologi Sederhana Untuk Menghapus Sebuah Jejak

Hong Kong, China (CNN). Osama Bin Laden, orang yang paling dicurigai dalam serangan-serangan teror di Amerika berhasil menghapus jejaknya dari agen-agen rahasia dengan menggunakan metode-metode teknologi komunikasi yang sederhana.
Simon Reeve, penulis “The new Jackals : Ramzi Yousef, Osama Bin Laden an the future of Terrorism, mengatakan Bin Laden tidak menggunakan telepon-telepon satelit, mobile handsets dan akses internet dalam membantu persembunyiannya mengirim pesan untuk menghindari pemburuan dari pihak yang berwenang.
“Bin Laden saat ini tidak menggunakan teknologi canggih dalam bentuk apa pun, Reeve mengatakan di London”.
The American National Security Agency (NSA) telah menyelidiki sumber-sumber yang tidak terbatas untuk mencari Bin Laden melalui telepon satelit dan portabless phones-miliknya, tapi dia menggunakannya untuk menghindari pecarian dan penangkapan. Malahan dia telah kembali menjalani hidup ke Jaman Batu dan benar-benar menerima utusan-utusan dan masalah-masalah dari orang-orang kepercayaannya,” Reeve menambahkan.
Absence of Communication
Selama lima tahun terakhir, para penegak hukum AS tidak berhasil menemukan Bin Laden, yang merupakan 10 orang yang paling dicari dalam daftar FBI.
Sebelum serangan pesawat hari Selasa, Bin Laden telah menyiapkan uang sebesar $ 5 juta sebagai kepemimpinannya untuk menyiapkan serangan-serangan teroris ke kedutaan-kedutaan Amerika di Kenya dan Tanzania tahun 1998 yang menewaskan lebih dari 200 orang.
Pihak Saudi tidak sepakat dan jaringannya (Al Qaeda) dipercaya beroperasi setidaknya di 34 negara. Menurut sebuah laporan yang baru diterima oleh peneliti mengenai masalah terorisme Kenneth Katzman dari the Library of Congress Congressional Reserach Service.
Ini sebuah grup yang sangat mengetahui bahwa ada banyak agen-agen intelejen mencoba mengawasi aktivitas-aktivitas mereka, “komentar Harry Gofrey, Regional Managing Director For Kroll Associates di Hong Kong.
Ada komunikasi yang sulit dilacak-mereka tidak menggunakan e-mail, telepon atau telepon selular. Pada masa sekarang ini dan abad teknologi semua sistem tersebut mudah untuk dilacak.
Katzman mengatakan Bin Laden menyiapkan dana sebesar $ 300 juta miliknya sendiri untuk membiayai jaringan Al Qaeda yang melakukan 3.000 kegiatan operasi.
Sel-sel jaringan telah diketahui atau dicurigai dibeberapa negara Timur-Tengah dan Afrika juga bergerak di Malaysia, Filipina, Ekuador, Bosnia, Albania, Inggris, Kanada dan bahkan di Amerika.
Locked Messages
Memikirkan Bin Laden sekarang ini melakukan kontak dengan teknologi yang sederhana dan tindakan-tindakan yang dijalankannya, para pengikutnya mengerti untuk mengirim pesan dengan satu sama yang lain melalui pemecah kode pesan-pesan di Internet.
Para pengikutnya, bagaimanapun, dalam hal yang lain, komentar Simon Reeve. “Mereka percaya untuk menggunakan keahlian software pemecah kode untuk menutupi jejak mereka saat mengirim banyak surat elektronik dan mengatur gerakan-gerakan yang akan mereka lakukan.
Para pejabat AS mempunyai solusi/pengetahuan mengenai Web Encryption sebagai model komunikasi yang mutakhir digunakan oleh Al Qaeda dan jaringan teroris yang lain untuk menghindari pelacakan.
Kode-kode tertentu dalam pesan di internet juga dipakai oleh jaringan-jaringan teroris yang lain-Hamas, Hezbollah, Al Qaeda dan lainnya—untuk berkomunikasi mengenai tujuan-tujuan kriminal tanpa takut dilacak oleh pihak luar, mantan Direktur FBI Louis Freeh mengatakan tahun lalu sebelum sidang panel Senate.
Mereka merintangi keterlibatan-keterlibatan penegak hukum untuk melacak, mencegah dan menyelidiki aktivitas-aktivitas terlarang.
Bahkan jika sebuah pesan yang berisi kode-kode bisa dipecahkan, mustahil untuk membaca kode tanpa menggunakan sebuah superkomputer milik pemerintah, dan yang paling jarang digunakan setiap waktu (ket. Kode-kode).
“Software Encryption bisa dipecahkan, tapi memerlukan waktu yang lama dimana para investigator-investigator Amerika dapat melakukannya, “komentar Reeve.”

Tidak ada komentar: